Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Atu Lintang Aceh Tengah

Mirna Saputri, 170209013 (2023) Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Atu Lintang Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Atu Lintang Aceh Tengah] Text (Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Atu Lintang Aceh Tengah)
Mirna Saputri, 170209013, FTK, PGMI, 082277826167.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan permasalahan pada saat proses pembelajaran berlangsung yaitu masih menggunakan mtetode ceramah dan tidak adanya penggunaan media pembelajaran hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan saintifik berbantuan PowerPoint interaktif pada pembelajaran IPA kelas V. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan saintifik berbantuan PowerPoint interaktif pada pembelajaran IPA kelas V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek penelitian adalah kelas V MIS Atu Lintang yang berjumlah 23 siswa dengan KKM 70, sementara teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I 82,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,77%. Aktivitas siswa pada siklus I 76,25% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,39%. Hasil belajar siswa pada siklus I hanya 60,86% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,60%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan saintifik berbantuan PowerPoint interakftif dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA pada kelas V MIS Atu Iintang Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mirna Saputri
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:17
Last Modified: 02 Feb 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26252

Actions (login required)

View Item
View Item