Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Dalam Menjawab Problematika Remaja Desa Meureubo Kec. Suka Makmue Kab. Nagan Raya

Yuli Anariza, 180402103 (2023) Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Dalam Menjawab Problematika Remaja Desa Meureubo Kec. Suka Makmue Kab. Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Dalam Menjawab Problematika Remaja Desa Meureubo Kec. Suka Makmue Kab. Nagan Raya] Text (Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Dalam Menjawab Problematika Remaja Desa Meureubo Kec. Suka Makmue Kab. Nagan Raya)
Yuli Anariza, 180402103, FDK, BKI, 082286581438.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Remaja merupakan masa transisi yang membawa individu dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada fase ini, remaja sudah mulai banyak terpengaruh oleh lingkungan dan globalisasi teknologi sehingga menimbulkan banyak problematika dikalangan remaja. Maka diperlukan suatu metode dakwah melalui media sosial untuk dapat meminimalisir dan menyelesaikan problematika yang di alami remaja. Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas komunikasi. Aktivitas dakwah melalui media sosial sangat marak dan mengalihkan perhatian semua pihak. Salah satu bentuk kebaikan itu adalah kegiatan penyiaran syari’at Islam, akan sangat bermanfaat dan bisa dikatakan efektif apabila gerakan dakwah juga masuk ke dalam kehidupan dunia maya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana gambaran problematika remaja dan bagaimana efektivitas dakwah melalui media sosial dalam menjawab problematika remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dengan, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conslusion drawing/verification (penarikan kesimpulan data). Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Hasil dari penelitian ini adalah problematika yang terjadi di kalangan remaja diantaranya bullying, pergaulan bebas, kecanduan gadget, dan insecure. Efektivitas dakwah melalui media sosial terbukti efektif, dengan sarana ini akan memudahkan dakwah di kalangan remaja. Kecanggihan media informasi dan teknologi menjawab segala problematika dan menjadi salah satu alternatif dalam menjawab problematika remaja karena dapat memberikan kemudahan bagi remaja saat ini yang ingin memperdalam ilmu agama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yuli Anariza
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:10
Last Modified: 14 Mar 2023 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26333

Actions (login required)

View Item
View Item