Pengembangan LKPD Berbasis Problem Posing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di MTsN 4 Aceh Besar

Putri Sasmita Dewi, 180205037 (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Posing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di MTsN 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Putri Sasmita Dewi, 180205037, FTK, PMA, 082266093120.pdf] Text
Putri Sasmita Dewi, 180205037, FTK, PMA, 082266093120.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Pembelajaran menggunakan LKPD yang tersedia di sekolah membuat peserta didik biasanya hanya menghafal rumus atau materi tanpa memahami konsep yang ada dan soal yang diberikan merupakan soal rutin dan kurang menantang untuk peserta didik sehingga menyebabkan peserta didik tidak terlalu aktif dan cenderung pasif saat pembelajaran di kelas. Sehingga perlu adanya pengembangan LKPD sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Salah satu LKPD yang dapat dikembangkan adalah LKPD berbasis problem posing. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan LKPD berbasis problem posing pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif di MTsN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan dari Martin Tessmer yang mencakup tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping (expert review, one to one dan small group) hingga tahap field test. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes hasil belajar. Kevalidan LKPD berbasis problem posing dilihat dari hasil validasi ahli yang memperoleh kategori sangat valid. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik yang memperoleh kategori praktis. Keefektifan LKPD berbasis problem posing dilihat dari tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis problem posing dan memperoleh kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem posing yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta layak digunakan untuk pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Sasmita Dewi
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:21
Last Modified: 03 Feb 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26361

Actions (login required)

View Item
View Item