Persepsi Masyarakat Terhadap Pemberitaan Kelangkaan Minyak Goreng pada Media Online Waspadaaceh.Com

Marnida Ningsih, 180401027 (2023) Persepsi Masyarakat Terhadap Pemberitaan Kelangkaan Minyak Goreng pada Media Online Waspadaaceh.Com. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Terhadap Pemberitaan Kelangkaan Minyak Goreng pada Media Online Waspadaaceh.Com] Text (Persepsi Masyarakat Terhadap Pemberitaan Kelangkaan Minyak Goreng pada Media Online Waspadaaceh.Com)
Marnida Ningsih, 180401027, FDK, KPI, 082277934569.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Minyak goreng merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok utama dalam kehidupan sehari-hari. Pada awal tahun 2022 menunjukkan adanya krisis kelangkaan minyak goreng yang terjadi hampir diseluruh wilayah Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga miyak goreng mengalami peningkatan sejak Oktober 2021 sampai dengan April 2022. Data tersebut tentu mengakibatkan banyak spekulasi dan polemik terkait penyebab kenaikan serta kelangkaan yang kemudian disebarluaskan oleh media online dengan berbagai redaksi pembahasan yang berbeda, salah satunya pada media online waspadaaceh.com. Pemberitaan minyak goreng yang tayang pada media dapat membentuk dan mempengaruhi persepsi. Persepsi masyarakat merupakan proses psikologi dalam penerimaan dan pemaknaan pesan. Persepsi perlu untuk diketahui karena berkaitan dengan sikap serta tindakan apa yang terbentuk pada masyarakat setelah membaca suatu berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja topik pemberitaan minyak goreng yang tayang pada media waspadaaceh.com dan mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pemberitaan pada media tersebut. Teori yang digunakan dalam yakni teori uses and gratification dan teori agenda setting. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang , terdiri dari dua orang redaksi waspadaaceh.com dan delapan orang masyarakat Gampong Rukoh. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal, yang pertama berita minyak goreng yang tayang pada media waspadaaceh.com merupakan fakta dan data yang terjadi di Aceh, waspadaaceh.com fokus membahas tingginya harga dan upaya pemerintah dalam menyelesaikan masalah kelangkaan minyak goreng, berita yang tayang lebih berpihak pada kepentingan masyarakat. Kedua, media waspadaaceh.com menjadi salah satu media yang dipilih oleh masyarakat, karena memenuhi kebutuhan terkait dengan berita minyak goreng. Selanjutnya, masyarakat memberikan respon atau sikap panik dalam menanggapi permasalahan minyak goreng, terdapat efek langsung yakni berupa berita minyak goreng menjadi isu yang dianggap penting oleh semua kalangan, dan efek lanjutan berupa kepanikan yang disebabkan oleh ketakutan akan kehabisan bahan pokok tersebut sehingga mengakibatkan sebagian masyarakat memilih untuk membeli dalam jumlah banyak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Marnida Ningsih
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:06
Last Modified: 03 Feb 2023 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26397

Actions (login required)

View Item
View Item