Roni Monsiah, 180201063 (2023) Penerapan Metode Video Based Learning Dalam Peningkatatan Disiplin Belajar PAI Siswa Di SMA Negeri. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Metode Video Based Learning Dalam Peningkatatan Disiplin Belajar PAI Siswa Di SMA Negeri]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Roni Monsiah, 180201063, FTK, PAI, 082276027001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Disiplin adalah kesadaran diri yang berasal dari dalam dan mengikuti aturan, nilai, dan norma. Disiplin siswa sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena akan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan menarik. Namun fakta yang terjadi selama pembelajaran khususnya kelas XI di SMA Negeri 1 Sinabang pada mata pelajaran PAI siswanya kurang disiplin. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode masih menggunakan metode tradisional yang masih monoton, yaitu metode ceramah. Pemilihan dan penerapan metode sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran. Selama proses pembelajaran PAI, proses belajar mengajar tidak akan membuat siswa bosan jika menggunakan metode pembelajaran yang efektif. Metode video based learning adalah salah satu metode pembelajaran yang berpotensi membangkitkan minat belajar siswa. Dalam hal ini, video terdiri dari dua bagian: visual dan audio. Audio digunakan untuk menyampaikan informasi secara lisan, sedangkan gambar atau teks berfungsi sebagai sumber utama atau penyajian konten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sinabang yang berjumlah 23 orang. Data yang dikumpulkan melalui proses observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan deskriptif (presentase) dan rata-rata (mean). Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Aktivitas guru pada siklus I dengan presentase 78,6% dengan kategori baik. Sedangkan hasil pada siklus II dengan presentase 96,4% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I dengan presentase 75% dengan presentase baik. Sedangkan hasil pada siklus II dengan presentase 95% dengan kategori sangat baik. Disiplin belajar siswa pada siklus I dengan presentase 80% dengan kategori baik. Sedangkan hasil pada siklus II dengan presentase 87,2% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahhwa adanya peningkatan disiplin belajar mapel PAI siswa melalui penerapan metode video based learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Roni Monsiah |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 04:07 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 04:07 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26412 |