Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studwny Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA/MA.

Rita Zahara, 180205006 (2023) Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studwny Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahasa Tentang Matematika] Text (Membahasa Tentang Matematika)
SKRIPSI RITA ZAHARA 180205006 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) adalah kolaboratif pemahaman mendalam
seorang
dipelajarinya lainnya. Namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pembelajaran matematika masih dalam taraf rendah. Beberapa penelitian relevan telah menunjukkan keberhasilan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE), sehingga peneliti ingin meneliti kembali model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMA Negeri 1 Kutacane. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutacane. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling sehingga terpilih kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t independent. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) kelas X SMA Negeri 1 Kutacane.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rita Zahara
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:03
Last Modified: 06 Feb 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26460

Actions (login required)

View Item
View Item