Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas V SD Negeri 8 Simeulue Timur

Siti Munawarah, 180209100 (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas V SD Negeri 8 Simeulue Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas V SD Negeri 8 Simeulue Timur] Text (Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas V SD Negeri 8 Simeulue Timur)
Siti Munawarah, 180209100, FTK, PGMI, 08521220507.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kurangnya kemampuan berargumentasi (mengemukakan pendapat) siswa membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dan tidak berjalan dengan baik. Kurangnya kemampuan berargumentasi disebabkan ketika pembelajaran terlalu didominasi oleh guru dan kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang secara berani memberikan argumentasinya melalaui penemuan dalam proses berpikirnya. Siswa hanya diam dan tidak berani memberikan argumentasinya terhadap materi yang diberikan karena takut salah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Time Token Arends untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa. Rancangan penelitian dalam penulisan ini adalah pre Eksperimental design dengan desain penulisan One Shot Case Study. Populasi dalam penulisan ini adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Simeulue Timur, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas V sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes praktik dengan memberikan lima soal esay. Analisis data hasil kemampuan berargumentasi siswa dalam penulisan ini menggunakan uji-t dengan kriteria pengambilan yaitu nilai signifikan ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan jika nilai signifikan ≥ 0,05 H¬0 diterima. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan (sig. 1-tailed) sebesar 0,000 atau 0. Karena 0,000 <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Time Token Arends untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa kelas V SD Negeri 8 Simeulue Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Munawarah
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:32
Last Modified: 07 Feb 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26494

Actions (login required)

View Item
View Item