Analisis Tingkat Kelancaran Prosedural Dan Disposisi Produktif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam

Rahmayuni Hardisa, 180205064 (2023) Analisis Tingkat Kelancaran Prosedural Dan Disposisi Produktif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rahmayuni Hardisa, 180205064, FTK, PMA, 082273283388.pdf] Text
Rahmayuni Hardisa, 180205064, FTK, PMA, 082273283388.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kelancaran prosedural matematis berkaitan dengan pemahaman peserta didik pada suatu konsep matematis serta penyelesaian masalah matematika. Melalui kelancaran prosedural matematis peserta didik dapat mengetahui tingkat pemahamannya terhadap suatu konsep matematis. Selain itu, tujuan pembelajaran matematika yaitu memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, sikap rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan. Hal ini dikarenakan, pembelajaran matematika tidak hanya berkaitan tentang pembelajaran konsep, prosedural, dan aplikasinya, tetapi juga terkait dengan pengembangan minat dan ketertarikan terhadap matematika. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelancaran prosedural matematis dan disposisi produktif matematis peserta didik. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak tiga peserta didik yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar soal tes kelancaran prosedural matematis, angket disposisi produktif matematis dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis, pengisian angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelancaran prosedural matematis (1) peserta didik dengan kategori tingkat tinggi memenuhi semua indikator. Terlihat dari cara subjek dalam memberikan jawaban dengan sangat rinci dan lengkap dari setiap langkah penyelesaian soal tes (2) peserta didik kategori tingkat sedang memenuhi dua dari tiga indikator. Terlihat saat subjek belum sempurna dalam memberikan penyelesaian terhadap soal tes (3) peserta didik kategori tingkat rendah hanya memenuhi satu indikator. Terlihat saat subjek belum mampu memberikan penyelesaian terhadap soal yang diberikan bahkan subjek hanya menuliskan informasi yang diketahui dari soal yang diberikan. Dan hasil untuk disposisi produktif matematis: (1) peserta didik dengan tingkat tinggi memenuhi semua indikator (2) peserta didik kategori tingkat sedang memenuhi lima dari tujuh indikator (3) peserta didik kategori tingkat rendah hanya memenuhi dua dari tujuh indikator

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahmayuni Hardisa
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:11
Last Modified: 07 Feb 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26520

Actions (login required)

View Item
View Item