Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Komik Pada Materi Gerak Lurus Kelas X IPA SMA/MA

Intan Sarah, 180204015 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Komik Pada Materi Gerak Lurus Kelas X IPA SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Komik Pada Materi Gerak Lurus Kelas X IPA SMA/MA] Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Komik Pada Materi Gerak Lurus Kelas X IPA SMA/MA)
Intan Sarah, 180204015, FTK, PFS, 082276302740.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan adalah kurangnya bahan ajar yang tersedia di sekolah. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan observasi di SMA Negeri 1 Darussalam dalam proses pembelajaran berlangsung hanya berfokus pada guru dan pada buku pelajaran saja, sehingga hanya memperhatikan papan tulis dan buku saja dengan metode ceramah yang menyebabkan kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peserta didik beranggapan bahwa pelajaran fisika dikategorikan sebagai pelajaran yang sulit untuk dipahami yang berisi rumus-rumus dan angka-angka. Salah satunya materi gerak lurus banyak terdapat besaran-besaran fisika yang kurang dipahami peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu Research and Development (R&D), dengan menggunakan model 4D. Tahapan-tahapan model 4D terdiri dari 4 tahapan yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dissiminate (penyebaran). Modul pembelajaran fisika berbasis komik pada materi gerak lurus yang dikembangkan divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis komik sudah memenuhi kategori sangat layak. Penilaian dari validator ahli materi dengan persentase 90%, dan hasil penilaian dari validator ahli media dengan persentase 90,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis komik pada materi gerak lurus layak digunakan untuk peserta didik kelas X dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Intan Sarah
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:16
Last Modified: 08 Feb 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26571

Actions (login required)

View Item
View Item