Nurul Amalia, 180208076 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Asam Basa Di MAN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Asam Basa Di MAN 2 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Amalia, 180208076, FTK, PKM, 082364179726.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (21MB)
Abstract
Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis animaker pada materi asam basa di MAN 2 Banda Aceh dilatar belakangi dengan proses pembelajaran yang selama ini hanya menggunakan media pembelajaran buku cetak, sehingga kurangnya minat belajar peserta didik dan daya tarik peserta didik terhadap materi kimia. Pada penelitian ini mengangkat rumusan masalah bagaimana pengembangan media pembelajaran video animasi pada materi asam basa di MAN 2 Banda Aceh dan bagaimana respon peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi pada materi asam basa di MAN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran video animasi pada materi asam basa di MAN 2 Banda Aceh dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi pada materi asam basa di MAN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) pada penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket respon peserta didik dan lembar observasi. Subjek pada penelitian yaitu peserta didik MAN 2 Banda Aceh yang dijadikan sampel pada penelitian ini sebanyak 27 peserta didik kelas XI MIA 2. Proses pengembangan video animasi berbasis animaker beracuan pada hasil analysis yang dilakukan dengan observasi terhadap peserta didik kelas XI MAN 2 Banda Aceh berdasarkan hasil analisis video di design semenarik mungkin agar peserta didik tertarik terhadap pembelajaran kimia pada materi asam basa, selanjutnya pada tahap development pada tahap ini di validasi oleh ketiga validator ahli terhadap video animasi berbasis animaker memperoleh nilai rata-rata 91,44% dengan interpretasi “sangat layak” dan tahap selanjutnya implementation pada peserta didik kelas XI MIA 2 menghasilkan persentase respon angket yaitu 100% dengan kriteria “Sangat Setuju”, tahap akhir yaitu evaluation pada tahap ini ketiga validator memberikan penilaian terhadap penggunaan media pembelajaran video animasi pada materi asam basa dapat digunakan secara layak. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari hasil validasi dan angket respon peserta didik bahwa media pembelajaran video animasi pada materi asam basa yang dikembangkan di MAN 2 Banda Aceh sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi asam basa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nurul Amalia |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 02:29 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 02:29 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26672 |