Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Metode Kooperatif Pada Materi Fluida Di Kelas Xi SMAN 1 Teupah Selatan.

Safriandi, 140204157 (2023) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Metode Kooperatif Pada Materi Fluida Di Kelas Xi SMAN 1 Teupah Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Metode Kooperatif Pada Materi Fluida Di Kelas Xi SMAN 1  Teupah Selatan] Text (Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Metode Kooperatif Pada Materi Fluida Di Kelas Xi SMAN 1 Teupah Selatan)
Safriandi, 140204157, FTK, PFS, 085261529592.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa khususnya pada materi fluida disebabkan oleh proses belajar mengajar yang masih berpusat pada guru, siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang memahami konsep. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat dan inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa, salah satunya dengan penerapan model Discovery Learning melalui metode kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) apakah penerapan Model Discovery Learning melalui metode kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi fluida di kelas XI SMAN 1 Teupah Selatan; (b) bagaimana respon siswa terhadap penerapan model Discovery Learning melalui metode kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal tes dan lembar angket. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas XI SMAN 1 Teupah Selatan sebesar 32,8 sedangkan nilai rata-rata post-test siswa sebanyak 64. Perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPA meningkat sebesar 31,2. Artinya dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning melalui metode kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hasil Angket respon siswa secara keseluruhan terlihat baik, Dari 25 siswa yang menjawab “setuju”, sebanyak 21 orang. Sedangkan yang menjawab “tidak setuju” hanya 4 orang. Artinya Model Discovery Learning melalui metode kooperatif membuat siswa lebih aktif serta dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning Metode Kooperatif, Pemahaman Siswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Safriandi Safriandi
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:43
Last Modified: 13 Feb 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26780

Actions (login required)

View Item
View Item