Strategi Petugas Haji Dalam Melayani Calon Jamaah Haji Di Kementerian Agama Kota Banda Aceh.

Fahrul Reza, 160403085 (2023) Strategi Petugas Haji Dalam Melayani Calon Jamaah Haji Di Kementerian Agama Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Petugas Haji Dalam Melayani Calon Jamaah Haji Di Kementerian Agama Kota Banda Aceh] Text (Strategi Petugas Haji Dalam Melayani Calon Jamaah Haji Di Kementerian Agama Kota Banda Aceh)
Fahrul Reza, 160404085, FDK, MD, 082339597937.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Startegi Petugas Haji Dalam Melayani Calon Jamaah Haji di Kementerian Agama Kota Banda Aceh”, adapun yang melatar belakangi skripsi ini adalah proses pelayanan jamaah haji adalah salah satu langkah bagi seorang untuk bisa menjadi calon jamaah yang akan berangkat ke tanah suci akan tetapi dalam pelaksanaan pelayanan yang dilakukan terkadang menemui suatu kendala hal ini disebabkan factor keberangkatan yang telalu lama, kuota jamaah yang terlalu banyak, pembatasan calon jamaah yang berangkat ke tanah suci, latar belakang jamaah yang berbeda. Kemudian tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui strategi petugas haji dalam melayani calon jamaah haji di Kementerian Agama Kota Banda Aceh, 2) untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat pada saat melakukan pelayanan kepada calon jamaah haji di Kentor Kementerian Agama Kota Banda Aceh. Selanjutnya peneletian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu strategi pelayanan yang diterapkan di Kemneterian Kota Banda Aceh adalah dengan memberikan pelayanan yang baik, nyaman, transparan, dan tanpa biaya serta memahami karakter dari setiap calon jamaah haji. Adapun factor pendukung dalam pelayanan di Kementerian Kota Banda Aceh yaitu adanya SISKOHAT dalam proses pendataan, petugas haji yang kompeten, dan persediaan sarana dan prasarana yang cukup sementara factor penghambatnya ialah system SISKOHAT yang terkadang error, validasi data yang terlalu lama, dokumen pendaftaran dari calon jamaah yang terkadang tidak lengkap.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi, pelayanan, calon jamaah
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Fahrul Reza
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:55
Last Modified: 15 Feb 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26834

Actions (login required)

View Item
View Item