Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Lingkungan sebagai Media pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 5 Aceh Jaya

Melasari, 201325055 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Lingkungan sebagai Media pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 5 Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Sains, Penelitian]
Preview
Text (Mengenai tentang Sains, Penelitian)
MELA SARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Media yang tepat dalam pembelajaran IPA terhadap pemanfaatan lingkungan sangat dipengaruhi oleh media yang digunakan guru. Penggunaan media yang tepat akan menimbulkan motivasi untuk keberhasilan siswa dalam pembelajaran IPA pada materi tumbuhan tentang batang dan daun. Lingkungan juga dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran yang dianggap efektif dan efesien. Namun yang terjadi di lapangan bahwa guru masih jarang menggunakan media yang beragam sehingga siswa jenuh dalam mengikuti pelajaran sehingga pesan yang terdapat dalam pembelajaran kurang dipahami oleh siswa, hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran IPA (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran IPA (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran IPA. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 5 Aceh Jaya yang berjumlah 25 siswa. Teknik dan instrumen penelitian ini adalah (1) lembar observasi aktivitas guru (2) lembar observasi aktivitas siswa (3) tes hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang ditandai dengan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I adalah 84,6% dan pada siklus II adalah 90,3%, (2) Sedangkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran siklus I menunjukkan persentase 79,1% dan siklus II sebanyak 95,8%. (3) Hasil belajar pada siklus I berjumlah 56% dan pada siklus II sebanyak 84%, Dengan demikian, pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 5 Aceh Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Jailani, M.Ag; 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan, Media, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mela Sari
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:52
Last Modified: 01 Mar 2018 08:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item
View Item