Pengembangan Virtual Laboratorium Pada Praktikum Konsentrasi Larutan Di Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Mesi Fittriah, 180208049 (2023) Pengembangan Virtual Laboratorium Pada Praktikum Konsentrasi Larutan Di Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mesi Fittriah, 180208049, FTK, PKM, 082213311210.pdf] Text
Mesi Fittriah, 180208049, FTK, PKM, 082213311210.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pengembangan virtual laboratorium pada konsentrasi larutan di prodi pendidikan kimia UIN Ar-Raniry dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media interatif dalam pelaksanaan praktikum, apabila praktikum tidak bisa dilakukan secara langsung dilaboratorium. Seperti pada saat tejadinya pandemi, yang sangat menghambat dalam pelaksanaan praktikum secara langsung. Praktikum konsentrasi larutan merupakan salah atu mata kuliah yang memerlukan media pendukung dalam praktikum ketika praktikum tidak bisa dilaksanakan secara langsung di laboratorium. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan virtual laboratorium pada praktikum konsentrasi larutan di prodi pendidikan kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Kimia sebanyak 24 orang mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi dan lembar angket respon mahasiswa. Analisis data hasil validasi media dan angket respon mahasiswa menggunakan rumus persamaan persentase. Berdasarkan hasil validasi ahli aspek penilaian media, materi dan bahasa terhadap media virtual laboratorium diperoleh rata-rata persentase sebanyak 96,21% termasuk kriteria “sangat valid”. Hasil respon mahasiswa diperoleh persentase sebanyak 90% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan virtual laboratorium yang dikembangkan memperoleh kualitas yang sangat baik sehingga layak untuk digunakan sebagai salah satu penunjang dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mesi Fittriah
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:51
Last Modified: 21 Feb 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26982

Actions (login required)

View Item
View Item