Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Istima'(Study Eksperimen di MTsN 3 Banda Aceh).

Taufik Iskandar, 180202104 (2023) Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Istima'(Study Eksperimen di MTsN 3 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pendidikan bahasa arab] Text (Membahas tentang pendidikan bahasa arab)
Taufik Iskandar, 180202104, FTK, PBA, 081267508566.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Setelah peneliti melaksanakan kegiatan pembelajaran di madrasah ini, peneliti menemukan bahwa beberapa siswa merasa sulit dalam memahami suara yang didengar, tidak dapat mengulang suara yang didengar, dan tidak dapat membedakan harkat yang panjang dan pendek dari suara yang mereka dengar. Oleh karena itu, peneliti ingin menggunakan metode storytelling untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengar. Adapun studi penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian eksperiment. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 3 Banda Aceh yang berjumlah 288 siswa, dan peneliti mengambil kelas 9-1 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 27 siswa. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan test (pretest dan post-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan guru dan siswa pada proses pembelajaran dengan menerapkan metode storytelling memperoleh nilai sangat baik, yang hasilnya mencapai 90%. Adapun hasil tes menunjukkan bahwa penerapan metode storytelling efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Taufik Iskandar Taufik
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:08
Last Modified: 22 Feb 2023 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27029

Actions (login required)

View Item
View Item