Pengembangan LKPD Berbasis PBL Pada Pembelajaran Bahasa Arab

Elisa Mahara, 180202187 (2023) Pengembangan LKPD Berbasis PBL Pada Pembelajaran Bahasa Arab. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis PBL Pada Pembelajaran Bahasa Arab] Text (Pengembangan LKPD Berbasis PBL Pada Pembelajaran Bahasa Arab)
Elisa Mahara, 180202187, FTK, PBA, 085270297576.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD berbasis PBL pada materi عيادة المريض dan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis PBL pada materi عيادة المريض. Sedangkan metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode “ penelitian dan pengembangan “ (research & development) dengan menggunakan teori “ Borg & Gall “ yang disajikan oleh Sugiyono. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kuantitatif dan kualitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD pembelajaran bahasa Arab berbasis PBL terdiri dari lima langkah yaitu : 1) Analisis kebutuhan dan masalah: terdapat masalah pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah bahwa lembar kerja belum sepenuhnya digunakan, dan tugas diberikan kepada siswa berdasarkan buku ajar yang digunakan, karena buku tersebut belum mendukung proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, 2) Pengumpulan data: Struktur umum LKPD adalah mata pelajaran, mata pelajaran, semester, petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, indikator, informasi pendukung, tugas, langkah mengajar, dan evaluasi. 3) Desain produk: Pada tugas akhir ini, peneliti akan merancang LKPD pada dasar PBL (Problem Based Learning) dengan menerapkan Microsoft Word, 4) Validasi desain: Hal ini menunjukkan bahwa LKPD layak untuk digunakan dalam pengajaran bahasa Arab, Arab khususnya pada materi عيادة المريض dan hasil dari validasi dari ahli konten terkait dengan 81%, dengan peringkat “sangat baik”. Ahli model menyebut 89% dengan peringkat "sangat baik". Ahli desain memberi penilaian dengan 88% dengan peringkat “sangat baik”, dan 4) Perbaikan desain: Memperbaiki produksi: Dari segi desain, mengganti gambar sekolah dengan gambar mengunjungi orang sakit, menyesuaikan warna, menambahkan nama penulis dan dua pembimbing di cover lembar kerja, dan dari segi konten dan model yaitu merevisi dari segi kosa kata dalam menulis huruf dan harakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Elisha Mahara
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:14
Last Modified: 22 Feb 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item
View Item