Efektivitas Metode “Mind Mapping” dengan Media “Flannel Board” Dalam Pengajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen Di Kelas 3 di MAN 3 Bireuen).

Uswatun Hasanah, 180202001 (2023) Efektivitas Metode “Mind Mapping” dengan Media “Flannel Board” Dalam Pengajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen Di Kelas 3 di MAN 3 Bireuen). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Metode “Mind Mapping” dengan Media “Flannel Board” Dalam Pengajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen Di Kelas 3 di MAN 3 Bireuen)] Text (Efektivitas Metode “Mind Mapping” dengan Media “Flannel Board” Dalam Pengajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen Di Kelas 3 di MAN 3 Bireuen))
Uswatun Hasanah, 180202001, FTK, PBA, 082257562427.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang ada di sekolah MAN 3 Bireuen, dan tidak ada penggunaan metode pembelajaran yang beragam dan media pembelajaran yang menarik dalam proses belajar mengajar. Hal ini mempengaruhi prestasi akademik siswa. Kemampuan mereka berbicara bahasa Arab sangat lemah. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian eksperimen di sekolah ini tentang Penggunaan metode Peta Konsep dengan media Papan Flannel dalam pengajaran bahasa Arab. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa MAN 3 Bireuen dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Peta Konsep dengan media Papa Flanel, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaannya dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pra-eksperimen. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MAN 3 Bireuen tahun ajaran 2021-2022 dengan sampelnya siswa kelas XII IPA 2 yang berjumlah 25 siswa. Dan alat penelitian yang di gunakan yaitu dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian yang paling penting adalah: 1) Respon positif siswa dengan menggunakan metode Peta Konsep dengan media Papan Flanel dalam pembelajaran bahasa arab di MAN 3 Bireuen. 2) Penggunaan metode Peta Konsep dengan media Papan Flanel dalam pengajaran bahasa Arab menjadi lebih efektif. Maka hasil dari penelitian langsung yaitu dengan nilai 93,3% yang menunjukkan indeks antara 81-100% bermakna sangat baik. Dengan hasil dari T-Test (dengan tingkat sign.2-Tailed) kurang dari 0,05 dan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dengan Media Flannel Board dalam pembelajaran bahasa Arab efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peta Konsep, Papan Flanel, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:13
Last Modified: 01 Mar 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27182

Actions (login required)

View Item
View Item