Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Think-Talk-Write (TTW) Pada Maharah Kitabah (Penelitian Dan Pengembangan Di MAN 1 Banda Aceh)

Zilva, 180202049 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Think-Talk-Write (TTW) Pada Maharah Kitabah (Penelitian Dan Pengembangan Di MAN 1 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Think-Talk-Write (TTW) Pada Maharah Kitabah (Penelitian Dan Pengembangan Di MAN 1 Banda Aceh)] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Think-Talk-Write (TTW) Pada Maharah Kitabah (Penelitian Dan Pengembangan Di MAN 1 Banda Aceh))
Zilva, 180202049, FTK, PBA, 082370136900.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di MAN 1 Banda Aceh didapatkan bahwa LKPD yang kerab digunakan ialah lembaran-lembaran yang berisikan soal-soal serta tampilan yang kurang menarik. Sedangkan LKPD tersebut memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi LKPD yang menarik dan inovatif serta lengkap dengan berbagai model pembelajaran. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini, dikembangkanlah LKPD berbasis model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Adapun tujuan penelitian ini yaitu: untuk melihat hasil dari LKPD berbasis TTW pada maharah kitabah, untuk mengetahui kelayakannya berdasarkan penilaian ahli, dan untuk mengetahui respons siswa dan guru terhadap pengembangan LKPD tersebut. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Adapun dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument; lembar validasi dan angket. Data didapatkan dari 3 orang ahli untuk mendapatkan ddata kelayakan, 3 orang guru serta 17 orang siswa untuk melihat respons mereka terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Teknik analisis data penelitian menggunakan statistik presentase dan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prosedur pengembangan LKPD berbasis TTW terdiri dari lima rangkain tahap pengembangan yaitu (ADDIE) Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Berdasarkan hasil validasi para pakar produk ini sudah layak digunakan dan juga mendapat respons yang positif dari murid dan juga guru. Maka, pengembangan ini telah dilakukan dengan baik serta sudah layak digunakan dalam proses belajar dan mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zilva Zilva
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:00
Last Modified: 01 Mar 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27208

Actions (login required)

View Item
View Item