Penerapan Model Nature Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar

Wirdawaty, 201223380 (2017) Penerapan Model Nature Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Nature Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan alam sekitar sebagai media. Metode ini melibatkan siswa melakukan aktivitas belajar di luar kelas. Dengan melakukan pembelajaran di luar kelas diharapkan dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kurangnya pemanfaatan media dan strategi pembelajaran yang tepat juga mengakibatkan siswa sulit memahami materi Bahasa Indonesia yang diajarkan oleh guru. Hal ini terlihat pada hasil wawancara peneliti dengan guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah proses penerapan model Nature Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa Kelas IV MIN Tungkob, Aceh Besar. (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Nature Learning dalam menulis karangan deskripsi siswa Kelas IV MIN Tungkob, Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa Kelas IV MIN Tungkob, Aceh Besar, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Nature Learning dalam menulis karangan deskripsi siswa Kelas IV MIN Tungkob, Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV2 MIN Tungkob Aceh Besar yang berjumlah sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi guru dan siswa, serta melalui tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rata-rata dan rumusan persentase. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori cukup dengan nilai (2,45), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (3,87), dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori cukup dengan nilai (2,42), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (3,86) dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I, hanya 20 siswa yang tuntas dengan nilai (47,61%) dan tidak tuntas 22 siswa dengan nilai (52,38%). Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, 35 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai (83,33%) dan tidak tuntas 7 siswa dengan nilai (16,66%). Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui model Nature Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Yuni Setia Ningsih, M. Ag 2.Darmiah, MA
Uncontrolled Keywords: Nature Learning, Menulis Karangan Deskripsi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 02 Mar 2018 16:22
Last Modified: 02 Mar 2018 16:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2723

Actions (login required)

View Item
View Item