Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad) pada Materi Organisasi Kehidupan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di Mtss Oemar Diyan Indrapuri

Riska Amelia, 281223132 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad) pada Materi Organisasi Kehidupan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di Mtss Oemar Diyan Indrapuri. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi organisasi kehidupan di Kelas VII B MTsS Oemar Diyan Indrapuri. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTsS Oemar Diyan, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B. Teknik pengumpulan data aktivitas dilakukan dengan observasi langsung dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan test. Peningkatan aktivitas peserta didik dapat diketahui melalui lembar observasi, sedangkan hasil belajar peserta didik dengan memberikan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Analisis data untuk aktivitas digunakan rumus persentase, sedangkan untuk hasil belajar digunakan uji-t. Hasil penelitian aktivitas peserta didik menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar pada pertemuan pertama dengan perolehan persentase yaitu 67,19% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua menjadi 96,88% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar juga menunjukkan adanya peningkatan pada taraf signifikan α= 0,05 dengan derajat kebebasan db = 29, sehingga diperoleh ttabel = 2,045 dan thitung = 16,36. Oleh karena ituthitung16,36> ttabel 2,045, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi organisasi kehidupan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII B MTsS Oemar Diyan Indrapuri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Anton Widyanto, M. Ag., Ed. S 2.Nafisah Hanim, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD),
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 02 Mar 2018 17:20
Last Modified: 02 Mar 2018 17:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2728

Actions (login required)

View Item
View Item