Evaluasi Jalur Evakuasi Wisata Pantai Pelangi Kota Sigli Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Tsunami

Intan Nurul Hisna, 170701114 (2023) Evaluasi Jalur Evakuasi Wisata Pantai Pelangi Kota Sigli Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Tsunami. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Evaluasi Jalur Evakuasi Wisata Pantai Pelangi Kota Sigli Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Tsunami] Text (Evaluasi Jalur Evakuasi Wisata Pantai Pelangi Kota Sigli Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Tsunami)
Intan Nurul Hisna, 170701114, FST, ARS, 082217174036.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Evaluasi jalur evakuasi di tempat wisata pantai Pelangi kota sigli masih belum memenuhi standar mitigasi dalam menyediakan mitigasi tsunami. Salah satu kawasan pesisir di kota Sigli yang langsung berbatasan dengan pantai kecamatan kota sigli, yang merupakan tempat rekreasi yang banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat. Kejadian tsunami 26 Desember 2004 silam telah membawa banyak perubahan terhadap sekitar kawasan Pantai Pelangi Kota Sigli. Dahulu wilayah ini belum sepadat sekarang dan kini sudah banyak dilakukan pembangunan. Tsunami telah merubah lanskap kawasan, tata ruang lingkungan, dan struktur kawasan pesisir kota Sigli. Dari resiko bencana tsunami dapat dipelajari dengan untuk meminimalisir korban jiwa dan dampak kerusakan. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengevaluasi kembali jalur evakuasi sebagai upaya mitigasi bencana tsunami yang dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pemilihan metode ini menggunakan data yang dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumen pribadi.

Tujuannya dari penelitian ini untuk mengevaluasi jalur evakuasi bencana tsunami yang mengarahkan dan memudahkan warga setempat untuk mudah keluar dari kawasan pesisir pantai atau lokasi yang dianggap rawan bencana apabila sewaktu waktu bencana itu datang kembali dengan menggunakan metode penelitian kualitatif

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah peneliti menyarankan perlu di adakannya sosialisasi kepada masyarakat yang kebanyakan tidak tahu bahwa ini jalur jalur evakuasi mengenai penggunaan jalur evakuasi yang efektif untuk digunakan bila sewaktu-waktu bencana tsunami datang lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: jalur evakuasi, Pantai Pelangi, Mitigasi, tsunami
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Intan Nurul Hisna
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:55
Last Modified: 08 Mar 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27390

Actions (login required)

View Item
View Item