Perancangan Beach Resort di Kawasan Wisata Aceh Barat Daya (Pantai Jilbab).

M. Shirath, 170701053 (2022) Perancangan Beach Resort di Kawasan Wisata Aceh Barat Daya (Pantai Jilbab). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Beach Resort di Kawasan Wisata   Aceh Barat Daya (Pantai Jilbab).] Text (Perancangan Beach Resort di Kawasan Wisata Aceh Barat Daya (Pantai Jilbab).)
LAPORAN SKRIPSI PERANCANGAN BEACH RESORT ACEH BARAT DAYA.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Kabupaten Aceh Barat Daya ini memiliki banyak tempat yang menyajikan keindahan alam untuk para wisatawan dan alam disini sangat berpotensi jika dimanfaatkan untuk menumbuhkan devisa dan memperkenalkan Kabupaten Aceh Barat Daya. Hal tersebut diharapkan dapat memberi jawaban dengan menghadirkan perancangan Beach Resort pada salah satu Kawasan wisata Aceh Barat Daya (Pantai Jilbab) yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan berperan dalam kehidupan sehari-hari, mengenai pemanfaatan pontesi alam untuk pertumbuhan ekonomi, serta menghadirkan lokalitas budaya yang sudah hampir terlupakan. Hal tersebut di terapkan pada objek rancangan sebagai Beach resort, objek ini juga mengembangkan potensinya dengan pendekatan konsep Witness of Nature. Konsep ini berangkat dari pendekatan Arsitektur Neo- Vernakular yang mana pendekatan ini mengharuskan suatu perancangan untuk mengadirkan unsur budaya sekitar dan melakukan pengembangan pada bangunan tradisional/vernacular untuk menghadirkan suatu karya yang lebih modern. Dengan penerapan Arsitektur Neo-Vernakular, harapannya bangunan Beach resort ini dapat menghadirkan visual bangunan dengan penerapan nilai kebudayaan sekitar dan dapat memberikan kesan dekat dengan alam. Konsep bentuk massa perancangan terinspirasi dari tarian Rapa’i Geleng yaitu pada bentuk alat musiknya Rapa’i dan filosofinya sehingga terjalin hubungan antara bangunan dan kebudayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: M Shirath Shirath
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:15
Last Modified: 09 Mar 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27433

Actions (login required)

View Item
View Item