Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Limas Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Rizki Wahyudi, 160205053 (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Limas Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Limas Ditinjau Dari Perbedaan Gender] Text (Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Limas Ditinjau Dari Perbedaan Gender)
Rizki Wahyudi, 160205053, FTK, PMA, 085215493717.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam kategori rendah. Hal ini dibuktikan oleh hasil PISA tahun 2018, hasil UN, hasil penelitian terdahulu maupun hasil studi pendahuluan. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu menyatakan bahwa ada perbedaan kemampuan siswa laki-laki dan perempuan dalam pemecahan masalah, sehingga memerlukan pemahaman mendalam mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gender. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi limas ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 6 siswa, yang terdiri atas 3 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan. Keenam orang siswa tersebut dikategorikan siswa yang berkategori tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes tulis dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif yang meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1) Subjek perempuan dan laki-laki kategori tinggi memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, namun subjek laki-laki kurang teliti dibandingkan subjek perempuan (2) Subjek perempuan dan laki-laki dengan kategori sedang memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah, serta melakukan kesalahan-kesalahan dalam melakukan perhitungan matematika, namun subjek laki-laki melakukan lebih banyak kesalahan daripada subjek perempuan (3) Subjek laki-laki dan perempuan dengan kategori rendah hanya memenuhi satu indikator kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizki Wahyudi
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:51
Last Modified: 10 Mar 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27453

Actions (login required)

View Item
View Item