Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Desa Panton Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya)

Susanti, 180604035 (2023) Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Desa Panton Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Desa Panton Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya)] Text (Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Desa Panton Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya))
Susanti, 180604005, FEBI, IE, 085362802980.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Alokasi Dana Desa merupakan salah satu bentuk dana desa yang telah ditetapkan sebagai sumber dana yang dapat memberdayakan masyarakat di suatu desa, dengan segala aspek penting yang mampu dimanfaatkan oleh masyarakat desa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, faktor pendukung, dan penghambat alokasi dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat di desa Panton Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh alokasi dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat di desa Panton Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya dilihat dari berbagai pembangunan yang dapat meningkatkan aktivitas masyarakat seperti memberikan modal usaha pada UKM, penanaman pangan, menyediakan pembibitan jagung, pembagian sapi dan tempat pembibitan sayuran. Faktor pendukung dari alokasi dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat tersedianya lahan dalam bercocok tanam, memberikan dana bagi masyarakat yang membutuhkan, dan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat. Faktor penghambat dari alokasi dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat dipengaruhi oleh kurang ketersedian SDM, minimnya pengetahuan, sulit memasarkan produk serta sering terjadinya banjir dalam kegiatan bercocok tanam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Susanti Susanti
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:52
Last Modified: 17 Mar 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item
View Item