Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2017. ISBN: 978-602-60401-3-8.
![[thumbnail of Turnitin Jurnal : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
29. AIDA DKK (PROSIDING SEMNAS BIOTIK).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasanan belajar yang menyenangkan. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Untuk itu perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan dapat menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran IPA. Salah satu model yang digunakan dalam pelajaran IPA adalah model Kooperatif Tipe Think Pair Share. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share, (3) Untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan model
kooperatif tipe think pair share pada materi sumber daya alam kelas IV semester Genap. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berasarkan hasi analisis data penelitian didapatkan bahwa
(1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 57,77% berada pada katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 73% (katagori baik), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,88% berada pada katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 72% (katagori baik), (3) Hasil belajar siswa
pada siklus I sebesar 66,66% katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33% (katagori baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar sudah tercapai.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Misbahul Jannah Misbah |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 04:48 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 04:48 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27686 |