Istikhdam Wasilah al Mulsaq Litarqiat at Thalabah 'Alaa Maharat al Kitabah ( Dirasah tajribiyah Bil Madrasah Darul Hikmah Aceh Besar)

Nurul Alfi Syauqina, 150202010 (2023) Istikhdam Wasilah al Mulsaq Litarqiat at Thalabah 'Alaa Maharat al Kitabah ( Dirasah tajribiyah Bil Madrasah Darul Hikmah Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Poster] Text (Tentang Poster)
Nurul Alfi Syauqina, 150202010, FTK, PBA, 085359030719.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada observasi awal peneliti menemukan di kelas VII A di sekolah MTSs Darul Hikmah Aceh Besar masalah dalam menulis bahasa Arab, mereka merasakan kesulitan sehingga membuat mereka tidak mempunyai ide-ide dalam mengarang. Dikarenakan permasalah ini peneliti ingin mencoba menerapkan media poster untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa ketika proses belajar mengajar keterampilan menulis dengan metode poster dan keefektifan metode poster dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan metode poster. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pre-test post-test design. Adapun alat-alat penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Obserpasi Langsung dan tes (tes pre-tes dan post-tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media poster efektif dalam meningkatkan proses kegiatan belajar siswa, dengan hasil P = 98,43% yakni nilai yan diperoleh Istimewa/sempurna, ini menunjukkan bahwa media ini bisa meningkatkan kemampuan siswa, minat siswa dan rasa sukanya dalam menulis. Dan penggunaan media poster ini efekif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis, dengan hasil (“t” Test) lebih besar dari pada (“t” tabel) 2،04 <14،875 > 2،73.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 070 News Media, Journalism & Publishing
000 Computer Science, Information and System > 070 News Media, Journalism & Publishing > 079 Newspapers in other Geographic Areas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Alfi Syauqina Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:01
Last Modified: 28 Mar 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27725

Actions (login required)

View Item
View Item