Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkankemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp

Aprilia Putri Ananda Lubis, 170205011 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkankemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Pengembangan Video Pembelajaran] Text (Tentang Pengembangan Video Pembelajaran)
Aprilia Putri Ananda Lubis, 170205011, FTK, PMA, 082183787119.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pergantian kurikulum tentunya mempengaruhi banyak aspek, terlebih lagi terhadap guru yang berperan langsung dalam menerapkan kurikulum itu sendiri. Perubahan ini menyebabkan guru mengalami kesulitan, salah satunya dalam hal menerapkan model pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Kurangnya waktu pelatihan dan contoh praktik penerapan model pembelajaran menjadi alasan yang logis dalam masalah ini. Rata-rata guru hanya memahami model pembelajaran secara teori, namun masih sulit untuk menerapkannya. Oleh karena itu, sudah seharusnya guru diberikan contoh praktik model pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat video pembelajaran, dimana video ini akan memuat setiap langkah-langkah model pembelajaran tertentu. Kali ini akan dikembangkan video pembelajaran berbasis model pembelajaran inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan hasil pengembagan video pembelajaran berbasis model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Penelitian akan menggunakan metode research and development (R&D) dengan model 4D (four-D). Model ini mempunyai empat tahapan yaitu pendefenisisan, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil pengembangan yang dinilai oleh para ahli dan juga uji coba lapangan menyatakan bahwa vdeo pembelajaran ini valid dan sangat praktis, dengan rincian sebagai berikut. (1) dari ahli perangkat pembelajaran dan dua ahli media memberikan skor rata-rata 82,69% yang termasuk dalam kategori valid. (2) dari uji coba skala kecil yang dilakukan tiga orang praktisi memperoleh skor rata-rata 85,87% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Aprilia Putri Ananda Lubis
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:12
Last Modified: 29 Mar 2023 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27728

Actions (login required)

View Item
View Item