Anak dalam Pengasuhan Lintas Budaya: Pendidikan Islam dalam Keluarga Aceh-Gayo di kota Takengon, Aceh Tengah

Mumtazul Fikri, .2030058202 (2023) Anak dalam Pengasuhan Lintas Budaya: Pendidikan Islam dalam Keluarga Aceh-Gayo di kota Takengon, Aceh Tengah. In: Proceeding Ar-Raniry International Conference on Islamic Studies (ARICIS) – II Tahun 2018.

[thumbnail of Proceeding Ar-Raniry International Conference on Islamic Studies (ARICIS) – II Tahun 2018] Text (Proceeding Ar-Raniry International Conference on Islamic Studies (ARICIS) – II Tahun 2018)
Complete Galley ARICIS II ICAIOS VII.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan filosofi dan ritual pengasuhan anak, tahapan pendidikan Islam, dampak benturan budaya terhadap pengasuhan anak dan internalisasi nilai keislaman dalam pola asuh keluarga Aceh-Gayo di kota Takengon kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis dimana temuan penelitian menunjukkan bahwa, pertama, percampuran antara dua budaya (Aceh dan Gayo) dalam keluarga berdampak kepada meredupnya kedua budaya suku tersebut khususnya pada pelaksanaan ritual adat dan pemaknaan kandungan filosofi yang terdapat di dalamnya. Kedua, pendidikan Islam dalam keluarga Aceh-Gayo cenderung dilakukan tidak mencirikhaskan budaya tertentu tetapi telah terjadi akulturasi budaya Aceh dan gayo. Ketiga, pengasuhan anak dalam keluarga lintas budaya menimbulkan benturan budaya khususnya dalam ritual adat. Terjadinya kontestasi otoritas dalam ritus-ritus adat tertentu khususnya yang berhubungan dengan pengasuhan anak. Keempat, pola asuh anak dalam keluarga lintas budaya tidak mengikuti budaya suku tertentu, baik suku Ayah maupun suku Ibu, tetapi lebih dipengaruhi oleh pemahaman agama dan latar belakang pendidikan Ayah dan Ibu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mumtazul Fikri Fikri
Date Deposited: 05 May 2023 04:25
Last Modified: 05 May 2023 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27749

Actions (login required)

View Item
View Item