Analisis Manajemen Waktu Organisasi Dan Kuliah Pada Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

Eko Setio Widhodho, 170205030 (2023) Analisis Manajemen Waktu Organisasi Dan Kuliah Pada Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Manajemen Waktu Organisasi Dan Kuliah Pada Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Uin Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Analisis Manajemen Waktu Organisasi Dan Kuliah Pada Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Uin Ar-Raniry Banda Aceh)
Eko Setio Widhodho. 170205030, FTK, PMA, 085362642288.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen waktu aktivis mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket semi terbuka dan wawancara semi terstruktur. Data diperoleh melalui 23 mahasiswa yang aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Matematika. Analisis data secara interaktif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivis mahasiswa yang mampu menerapkan manajemen waktu sesuai dengan indikator sebesar 70% atau 16 orang aktivis mahasiswa dari 23 subjek penelitian yang dipilih. (2) Aktivis mahasiswa yang mampu menerapkan motivasi kuliah sesuai dengan indikator sebesar 72% atau 17 orang aktivis mahasiswa dari 23 subjek penelitian yang dipilih. Indikator yang sesuai adalah memiliki tekad mendapatkan IP tinggi, aktif dalam pembelajaran di kelas, memprioritaskan pendidikan nomor satu, dan berkomitmen menyelesaikan tugas tepat waktu. (3) Keberhasilan akademik berdasarkan data hasil studi aktivis mahasiswa memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kategori sedang. Rata-rata IPK aktivis mahasiswa adalah 3,47. Sementara persentase aktivis mahasiswa sesuai dengan indikator keberhasilan akademik adalah 58% atau 13 orang aktivis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu, Aktivis Mahasiswa, Prestasi Akademik
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Eko Setio Widhodho
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:33
Last Modified: 30 Mar 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27768

Actions (login required)

View Item
View Item