Penerapan Permainan “Man Ana?” Dengan Kitab Al-Arabiyyah Baina Yadaik Untuk Kemampuan Siswi Dalam Berbicara(Penelitian Eksperimen Di Pesantren Dar Maryam Binti Ibrahim Aceh Besar)

Cut Putri Ramadhani, 190202139 (2023) Penerapan Permainan “Man Ana?” Dengan Kitab Al-Arabiyyah Baina Yadaik Untuk Kemampuan Siswi Dalam Berbicara(Penelitian Eksperimen Di Pesantren Dar Maryam Binti Ibrahim Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Permainan “Man Ana?”  			  Dengan Kitab Al-Arabiyyah Baina  			  Yadaik Untuk Kemampuan Siswi Dalam Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Dar Maryam Binti Ibrahim Aceh Besar)] Text (Penerapan Permainan “Man Ana?” Dengan Kitab Al-Arabiyyah Baina Yadaik Untuk Kemampuan Siswi Dalam Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Dar Maryam Binti Ibrahim Aceh Besar))
Cut Putri Ramadhani, 190202139, FTK, PBA, 081362380308.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Siswi di Pesantren Dar Maryam Binti Ibrahim Aceh Besar mempelajari beragam mata pelajaran, di antaranya berbicara dalam bahasa Arab. Mata Pelajaran ini bertujuan agar Siswi mampu berbicara bahasa Arab dengan benar dan fasih. Namun, kenyataannya adalah siswi menghadapi beberapa masalah dalam belajar berbicara. Di antaranya adalah kurangnya kosa kata yang dikuasai oleh siswi. Sebagian dari mereka tidak mampu menggunakan kosa kata tersebut dalam berbicara, serta sebagian dari mereka takut melakukan kesalahan ketika berbicara bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan permainan “man ana?” dengan kitab al-arabiyyah baina yadaik untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam berbicara dan respon mereka terhadap penerapan ini. Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah metode Eksperimen (pre-Experimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswi SMP Pesantren Dar Maryam Binti Ibrahim Aceh Besar yang berjumlah 242, sedangkan sampel penelitian adalah siswi kelas II (B) yang berjumlah 32 siswi. Intsrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah soal pre-test post-test dan angket. Hasil penelitian adalah penerapan permainan “man ana” dengan kitab al-arabiyyah baina yadaik untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam berbicara terbukti efektif berdasarkan T-test lebih besar dari pada T-tabel (2,45<12,21>1,69). Sedangkan respon santri terhadap pembelajaran ini adalah positif dengan nilai rata-rata 96,42%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Cut Putri Ramadhani
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:43
Last Modified: 03 Apr 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27809

Actions (login required)

View Item
View Item