Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Konkret terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Siswa Kelas IV MIN 18 Aceh Barat

Dahlia, 201325069 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Konkret terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Siswa Kelas IV MIN 18 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
DAHLIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of FROM B DAN D.pdf]
Preview
Text
FROM B DAN D.pdf

Download (743kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang sering terjadi di sekolah selama ini kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk menemukan pemahamannya secara mandiri. Model dan mediapun jarang diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini berakibat siswa merasa jenuh dan bosan dalam belajar karena pembelajaran tidak bervariasi sehingga berpengaruh negatif terhadap ketuntasan belajar siswa. Salah satu model yang melibatkan siswa aktif adalah model inkuiri, model ini selain dapat mengembangkan kemampuan kognitif juga dapat mengaktifkan siswa dalam menemukan suatu konsep baru secara mandiri. Adapun media konkret adalah media nyata yang penyampaian informasi dalam bentuk benda atau objek yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dengan media konkret pada tema selalu berhemat energi siswa kelas IV MIN 18 Aceh Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV MIN 18 Aceh Barat dengan jumlah 11 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi kemampuan guru dan aktivitas siswa. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan persentase (%). Setelah dilakukan penelitian maka diketahui bahwa kemampuan guru pada siklus I dalam kategori baik dengan nilai 76,92% meningkat menjadi 90,76% dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai persentase 64,70% dengan kategori cukup, meningkat menjadi 85,29% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema selalu berhemat energi di kelas IV MIN 18 Aceh Barat dapat dilihat dari hasil tes siswa. Pada siklus I hanya 6 siswa yang tuntas 54,54% dan 5 siswa 45,45% yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus ke II mengalami peningkatan yaitu 9 siswa 81,81% tuntas dan 2 siswa 18,18% tidak tuntas. Selanjutnya nilai post tes yaitu dengan nilai 90,90%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan media konkret dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 18 Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof.M.Nasir Budiman, MA; 2. Herawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Inkuiri, Media Konkret
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahlia Lia
Date Deposited: 07 Mar 2018 08:58
Last Modified: 07 Mar 2018 08:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item
View Item