Pengolahan Limbah Cair Industri Perikanan Cv. Novira Abadi Dengan Teknologi Membran Menggunakan Polimer Polyethersulfon (PES)

Melly Nesilyia, 170702127 (2022) Pengolahan Limbah Cair Industri Perikanan Cv. Novira Abadi Dengan Teknologi Membran Menggunakan Polimer Polyethersulfon (PES). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Industri Perikanan] Text (Industri Perikanan)
Melly Nesilyia, 170702127, FST, TL, 082299187639.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Sektor industri pembekuan perikanan di indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Bertambahnya peningkatan produksi pembekuan perikanan mengakibatkan peningkatan terhadap limbah yang dihasilkan. Teknik filtrasi membran adalah salah satu jenis metode pengolahan air yang sangat memiliki keunggulan dari segi kualitas air yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan penyisihan menggunakan membran polyethersulfon (PES) dalam menurunkan kadar pencemaran Total Suspended Solid (TSS) dan Chemical Oxygen Demand (COD) pada pengolahan limbah cair industri perikanan. Adapun pada pembuatan membran ini digunakan bahan utama ialah polimer polyethersulfon (PES) dengan menambahkan pelarut n-methyl pyyrolidone (NMP). Hasil penelitian ini dalam pengujian parameter TSS menggunakan unit filtrasi membran mendapatkan hasil persentase sebesar 58% dan pada parameter COD mendapatkan hasil persentase sebesar 45%. Kemudian membran PES dilakukan pengujian karakteristik Scanning Elektron Microscope (SEM) untuk melihat morfologi yang dihasilkan pada membran yang telah dibuat, yang mana memiliki nilai porositas sebesar 0,074 μm dan pengujian Fourier-transform Infrared (FTIR) untuk melihat gugus fungsi yang terdapat pada membran PES. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan membran polyethersulfon (PES) dalam pengolahan limbah cair industri perikanan efektif dalam menurunkan kadar pencemaran TSS dan COD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Melly Nesilyia
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:17
Last Modified: 04 Apr 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27851

Actions (login required)

View Item
View Item