Penerapan Miniatur Listrik Pada Materi Komponen-Komponen Instalasi Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar

Radifa Ramadhani, 180211014 (2023) Penerapan Miniatur Listrik Pada Materi Komponen-Komponen Instalasi Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Miniatur Listrik] Text (Penerapan Miniatur Listrik)
Radifa Ramadhani, 180211014, FTK, PTE, 082368706518.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Hasil observasi menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa ketika diberikan tes, hal ini terlihat dari siswa tidak dapat menjawab soal yang diberikan dan tidak hadir ke sekolah ketika proses pembelajaran berlangsung, proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga kurang memberi kesempatan pada siswa untuk aktif mendorong kemampuannya. Pemakaian media pembelajaran berbasis miniatur sebagai media dalam kegiatan proses belajar mengajar untuk mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan miniatur listrik sehingga diketahui apakah layak digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan menggunakan uji validasi, tes dan angket dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil Validasi dari validator ahli media terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan penerapan miniatur listrik berdasarkan total skor dan persentase validasi dari ahli Media 1 didapatkan total skor 63 (97%) dan ahli media 2 tanggapan guru total skor 61 (94%), maka berdasarkan hasil validasi dari 2 validator keseluruhan rata-rata diperoleh persentase sebesar 95,5% dengan kategori Sangat Valid. Hasil belajar siswa kelas XI TITL terdiri dari 1 kelas, dengan nilai rata-rata pretest 79,3 Naik pada nilai rata–rata posttest sebesar 94. Hasil tes pretest dan posttest dengan uji paired sample t-test menyatakan thit > ttab (6,29 > 2,57) maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat Peningkatan perbedaan hasil belajar siswa kelas XI setelah penerapan miniatur listrik. Hasil tanggapan respon siswa terhadap penerapan miniatur instalasi listrik menunjukkan respon positif dengan 77% menjawab setuju, dengan kategori Sangat Layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Radifa Ramadhani Radifa
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:41
Last Modified: 13 Apr 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28082

Actions (login required)

View Item
View Item