Penerapan Media Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca

Adinda Nurhadia, 180202110 (2023) Penerapan Media Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca] Text (Penerapan Media Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca)
Adinda Nurhadia, 180202110, FTK, PBA, 081340637936.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan obeservasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti, sebagian besar para siswi kelas IPA Putri 1 di MAS Ulumul Qur’an Pagar Air kurang memperhatikan pembelajaran yang berkaitan dengan keterampilan membaca dengan baik dan kurangnya keinginan serta motivasi mereka untuk mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti ingin menerapkan media Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan penerapan media Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca dan untuk mengidentifikasi penerapan media Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen (One Group Pre-test and Post-test Design ). Adapun hasil penelitian bahwa penerapan media Sparkol Videoscribe efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca. Hal ini terlihat dari hasil uji T-Test yang menunjukkan tingkat signifikansi (2- tailed) 0,00<0,05. Penerapan media Sparkol Videoscribe dalam pembelajaran keterampilan membaca di MAS Ulumul Qur'an Pagar Air sangat baik. Hasil observasi kegiatan guru sebesar 90,3% dengan nilai sangat baik, karena guru dapat mengajar dengan baik, menggunakan media dengan benar, dan menjawab pertanyaan siswa dengan baik. Dan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 93,3% dengan nilai yang sangat baik. Karena siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik, berdiskusi dengan kelompoknya, dan mampu membaca teks dengan baik dan benar serta mengajukan pertanyaan dengan bagus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Adinda Nurhadia
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:47
Last Modified: 13 Apr 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28091

Actions (login required)

View Item
View Item