Pengembangan Materi Pembelajaran Materi Bahasa Arab Dengan Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Di Madrasah Ibtidaiyyah “Kurikulum Dan Pengembangannya”

Jihan Fahira, 190202002 (2023) Pengembangan Materi Pembelajaran Materi Bahasa Arab Dengan Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Di Madrasah Ibtidaiyyah “Kurikulum Dan Pengembangannya”. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Materi Pembelajaran Materi  Bahasa Arab Dengan Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Di Madrasah Ibtidaiyyah “Kurikulum Dan Pengembangannya”] Text (Pengembangan Materi Pembelajaran Materi Bahasa Arab Dengan Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Di Madrasah Ibtidaiyyah “Kurikulum Dan Pengembangannya”)
Jihan Fahira, 190202002, FTK, PBA, 082366575137.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi Bahasa arab dengan video untuk pembelajaran maharah istimak dan untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan materi dalam bentuk video. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode “penelitian dan pengembangan” (research and development) dengan menggunakan teori ADDIE berdasarkan William Lee. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket validasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan materi Bahasa Arab untuk pembelajaran maharah istimak terdiri dari 5 langkah utama yaitu: 1) Analisis, yang terdiri dari guru masih kurang menggunakan media dalam proses belajar mengajar dan tidak memanfaatkan teknologi yang ada, Analisa peserta didik: bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam mendengar materi pembelajaran Bajasa Arab, analisa konsep: bahwa materi pengembangan yaitu arriyashah, ashdiqai, dan alhadiqatun, dan analisa tujuan pembelajaran bahwa tujuan pembelajaran peserta didik mampu meladzkan (meniru) dengan membedakan bunyi Bahasa Arab dan mampu mengulang kembali materi pembelajaran Bahasa Arab. 2) Desain, yang terdiri dari mendesain materi yang akan dikembangkan dan memilih fitur. aplikasi yang digunakan untuk mengembangakan video yaitu Canva, pemilihan media: media yang digunakan adalah video pembelajaran Bahasa Arab, rancangan awal: perancangan video menggunakan aplikasi Canva dan VN. 3) Pengembangan, pengembangan yang terdiri dari penilaian ahli: Hasil validasi dari aspek media memperoleh nilai 84%, dari aspek materi dan bahasa memperoleh nilai 77%, revisi: pembukaan dan penutupan video disesuaikan dengan tema dan gambar, pengembangan materi: materi yang dikembangkan dalam bentuk mufradat, contohnya dalam kalimat, dan hiwar. 4) Implementasi, video yang dikembangkan akan di implementasikan kepasa siswa MI kelas III. 5) Evaluasi, hasil yang didapatkan dari implementasi mendapatkan hasil 82,5.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Jihan Fahira
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:00
Last Modified: 13 Apr 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28095

Actions (login required)

View Item
View Item