Analisis GPM, ROI Dan ROE Terhadap Indeks Saham Kelapa Sawit Yang Terdaftar Dalam ISSI

Muhammad Syawal, 201008007 (2023) Analisis GPM, ROI Dan ROE Terhadap Indeks Saham Kelapa Sawit Yang Terdaftar Dalam ISSI. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis GPM, ROI Dan ROE Terhadap Indeks    Saham Kelapa Sawit Yang Terdaftar Dalam ISSI] Text (Analisis GPM, ROI Dan ROE Terhadap Indeks Saham Kelapa Sawit Yang Terdaftar Dalam ISSI)
Muhammad Syawal_201008007_PPSES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa GPM, ROI dan ROE terhadap Indeks Saham Kelapa Sawit yang terdaftar dalam ISSI. Penelitian ini dilatarbelakangi dari sektor pertanian Kelapa Sawit merupakan sektor yang cukup kuat menghadapi goncangan ekonomi dalam rentang waktu 2016 sampai dengan 2021, ditambah dengan kejadian pandemi Covid-19, kondisi dari sisi pergerakan indeks harga saham sektor pertanian mengalami pergerakan yang fluktuatif. Selanjutnya ketidakpastian ekonomi global dan melemahnya angka kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat sehingga mempengaruhi kinerja industri kelapa sawit di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder yaitu dari laporan tahunan perusahaan kelapa sawit yang terdaftar dalam indeks saham syariah Indonesia selama periode 2016-2021. Metode pengumpulan data purpose sampling jenis homogen, Hasil penelitian menunjukkan Profit Margin (GPM), Return On Investment (ROI) dan Return On Equity (ROE) mempengaruhi laba komprehensif terhadap Profitabilitas perusahaan tetapi tidak mempengaruhi secara fluktuatif terhadap indeks saham syariah. Penelitian menggunakan aplikasi eviews12sv. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam mendapatkan tambahan informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham, bagi investor sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi untuk menanamkan modalnya pada perusahaan sawit yang diteliti, sedangkan Emiten dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil kebijakan yang menyangkut efek kenaikan maupun penurunan GPM, ROI dan ROE serta Akademisi Menjadi rujukan dan menambah referensi dalam upaya mengembangkan dan penelitian lebih jauh secara sustainable terhadap pergerakan saham.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.2 Kondisi Pekerjaan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Syawal Syawal
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:29
Last Modified: 18 Apr 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28289

Actions (login required)

View Item
View Item