Relasi Muslim dan Non Muslim Menurut Syariat Islam di Aceh

Muji Mulia, 2027037402 (2018) Relasi Muslim dan Non Muslim Menurut Syariat Islam di Aceh. Dinas Syariat Islam Aceh, Banda Aceh.

[thumbnail of Buku Relasi Muslim dan Non Muslim Menurut Syariat Islam di Aceh] Text (Buku Relasi Muslim dan Non Muslim Menurut Syariat Islam di Aceh)
Buku Relasi Muslim Menurut Syariat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pasca penerapan syari’at Islam, secara umum relasi muslim dengan Non muslim di Aceh terutama dalam aspek sosial kemasyarakatanberlangsung harmonis. Keharmonisan dalam aspek ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: kekeluargaan (kekerabatan); kesamaan suku, budaya dan adat istiadat; aturan yang disepakati antar pemeluk agama; kebiasaan bermusyawarah; sikap gotong royong;dan sikap saling menghargai dan menghormati yang masih melekat pada masyarakat Aceh. Sekalipun demikian, dalam beberapa kasus, masih terdapat semacam “ketegangan” hubungan antara muslim dan non muslim yang disebabkan oleh aspek internal agama, seperti fanatisme yang berlebihan dan kedangkalan dalam memahami ajaran agama masing-masing, maupun aspek eksternal misalnya, aspek politis, ekonomi dan hukum. Dalam aspek politik,ketegangan antar umat beragama sering terjadi pada saat suksesi pilkada atau saat pengambilan kebijakan.Sementara pada aspek hukum ketegangan dapat terjadi pada saat satu kelompok penganut agama tidak patuh pada aturan tentang pendirian rumah ibadah. Selain itu kesenjangan ekonomi dalam masyarakat juga menjadi salah satu faktor pemicu.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muji Mulia Muji
Date Deposited: 25 Apr 2023 03:54
Last Modified: 25 Apr 2023 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28359

Actions (login required)

View Item
View Item