Identifikasi Tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin

Marduati, 2016107304 (2022) Identifikasi Tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin. Indonesian Journal of Islamic History and Culture, 2 (3). pp. 1-29. ISSN : 2722-8940

[thumbnail of Jurnal menjelaskan tentang hubungan Teungku Chik Muhammad Amin, seorang ulama besar yang hidup yang ikut berjuang melawan Belanda dan masih menyisakan jejak-jejak peninggalannya berupa rumah yang dijadikan sebagai basis pendidikan] Text (Jurnal menjelaskan tentang hubungan Teungku Chik Muhammad Amin, seorang ulama besar yang hidup yang ikut berjuang melawan Belanda dan masih menyisakan jejak-jejak peninggalannya berupa rumah yang dijadikan sebagai basis pendidikan)
Jurnal IJIHC bersama mahasiswa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Teungku Chik Muhammad Amin merupakan seorang ulama asal Aceh keturunan Arab dari Yaman Selatan. Ia juga merupakan seorang yang sangat gigih dalam membina masyarakat dalam ilmu Agama Islam dan perjuangan dalam melawan pasukan Belanda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui biografi, identifikasi tinggalan dan mengetahui kondisi tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin. Penelitiannya menggunakan metode eksplikatif (eksplanatori) atau deskriptif, yaitu memberikan gambaran tentang data arkeologi yang ditemukan, baik dalam kerangka waktu, bentuk dan ruang serta menunjukkan hubungan antara variabel penelitian yang berbeda. Adapun tahap pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi langsung, wawancara, tinjauan pustaka dan dokumentasi di Gampong Meunasah Mancang, Kecamatan Tiro Truseb, Kabupaten Pidie. Data-datanya diuraikan dan dianalisis aspek morfologi, teknologi, dan stilistik. Hasil identifikasi terdapat beberapa tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin yaitu Zawiyah Cut atau balai pengajian, kolam lama atau tempat wudhu dan sumur tua. Dilihat dari kondisi tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin saat ini, juga kurang mendapatkan perhatian dari pihak yang bersangkutan. Disarankan kepada pemerintah Kabupaten Pidie dan pihak yang terkait agar dapat menjaga dan melestarikan tinggalan bersejarah ini sebagai warisan budaya masyarakat Aceh.

Item Type: Article
Subjects: 900 Geography and History
900 Geography and History > 908 Sejarah yang berkaitan dengan jenis orang
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Marduati Marduati
Date Deposited: 02 May 2023 02:56
Last Modified: 02 May 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28392

Actions (login required)

View Item
View Item