Siti Khasinah, 2020046903 (2023) Penggunaan Extratextual Interaction dalam Praktik Storytelling. Jurnal Pendidikan Aktual (JPA), 4 (2): 3. pp. 27-38. ISSN 2461-1344
![[thumbnail of Penggunaan Extratextual Interaction dalam Praktik Storytelling]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JPA Volume 4 (2) Juli 2018 ISSN 2461-1344.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (668kB)
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan interaksi ekstratekstual dalam praktik bercerita yang dilakukan oleh mahasiswa semester V Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry. Praktik bercerita ini merupakan tugas final yang harus mereka lakukan untuk lulus mata kuliah Storyteling. Sebanyak 39 mahasiswa yang berpartisipasi dalam praktik ini di bagi dalam 5 kelompok yang terdiri dari 8 atau 7 anggota. Dalam praktik bercerita mahasiswa sebagai narrator menggunakan 12 interaksi sementara mahasiswa sebagai pendengar menggunakan 9 interaksi yang diadopsi dari Natsiopoulou, Souliotis & Kyridis (2006). Hasil observasi menunjukkan bahwa narrator dari semua kelompok menggunakan attention secara penuh sebanyak 25 kali (12% dari keseluruhan interaksi) dan interaksi yang paling sedikit digunakan adalah relating the story to real lifeyaitu 12 kali (6% dari seluruh interaksi). Sementara itu pendengar menggunakan names sebanyak 21 kali (19%) dan 9 (8%) kali untuk prediction, recalling information, and questions for clarification. Interaksi parallel reading tidak digunakan (0%) dalam praktik karena tidak ada dari mereka yang menggunakan buku cerita. Bisa disimpulkan bahwa baik narrator maupun pendengar sudah menggunakan interaksi ekstratekstual dengan frequensi yang berbeda-beda.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Siti Khasinah |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 09:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 09:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28393 |