Qudrah At-Thalibah ala Saitharah As-Sharf bi Thariiqah Al-Qiyasiyah fii Maharah Al-Kitabah bi SMP Insafuddin Banda Aceh

Cut Ririn Soraya, 211004024 (2023) Qudrah At-Thalibah ala Saitharah As-Sharf bi Thariiqah Al-Qiyasiyah fii Maharah Al-Kitabah bi SMP Insafuddin Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Qudrah At-Thalibah ala Saitharah As-Sharf bi Thariiqah Al-Qiyasiyah fii Maharah Al-Kitabah bi SMP Insafuddin Banda Aceh] Text (Qudrah At-Thalibah ala Saitharah As-Sharf bi Thariiqah Al-Qiyasiyah fii Maharah Al-Kitabah bi SMP Insafuddin Banda Aceh)
CUT TESIS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian saat ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan terhadap penguasaan sharaf dengan menggunakan metode deduktif, dan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif experiment dengan tipe One Grup Pre-Test Post Test Design. dengan menggunakan angket, observasi, dan pre dan post test sebagai alat penelitian. Komunitas penelitian diidentifikasi pada siswa tingkat menengah pertama tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 79 siswa sebagai sampel kedua tes tersebut diterapkan pada siswi yang berjumlah 23 siswi di SMP Insafuddin Banda Aceh. Wawancara diterapkan pada 1 guru sharaf, dan data yang diterima dianalisis menggunakan data statistik untuk program ilmu sosial. Penelitian ini mendapatkan beberapa hasil, terutama dengan menggunakan metode deduktif untuk siswi terhadap penguasaan sharaf pada keterampilan menulis efektif, karena nilai yang dihitung dalam jumlah hasil post-test = 1410 dengan rata-rata = 61,30. dan lebih besar dari nilai pada jumlah hasil pre test = 950, dengan rata-rata = 41,30 pada post achievement test. Berdasarkan hasil sebelumnya, Hipotesis penelitian ini dapat diterima bahwa penggunaan metode deduktif dalam pembelajaran sharaf efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan menitikberatkan pada penulisan kata bahasa Arab dan menyusunnya menjadi kalimat yang benar dan bermanfaat sesuai kaidah fiil madhi dan fiil mudhari’. Hasil angket menunjukkan bahwa respon kelompok eksperimen positif, hal ini menunjukkan bahwa penguasaan sharaf dengan metode deduktif ini dapat membantu anak dalam memahami dan memudahkan penguasaan sharaf, hal ini didukung oleh hasil pengamatan yang menunjukkan kontribusi siswa untuk proses pendidikan dan minat mereka terhadapnya, dan minat mereka terhadap mata pelajaran yang dipelajari lebih besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Cut Ririn Soraya
Date Deposited: 27 Apr 2023 03:48
Last Modified: 27 Apr 2023 04:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28418

Actions (login required)

View Item
View Item