Perancangan Gedung Olahraga Tipe B di Kota Langsa

Arief Mauliddin, 160701092 (2023) Perancangan Gedung Olahraga Tipe B di Kota Langsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang arsitektur metafora] Text (membahas tentang arsitektur metafora)
ARIEF MAULIDDIN, 160701092, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Perancangan gedung olahraga tipe B di Kota Langsa ini dilatar belakangi oleh minimnya fasilitas di bidang olahraga. Hal tersebut dapat dilihat pada pergelaran POPDA XIV yang menjadikan Kota Langsa sebagai tuan rumah. Padahal jika dilihat dari peningkatan prestasi Kota Langsa dari bidang olahraga sudah semakin membaik dan kemampuan para atlet Kota Langsa pada event-event yang diselenggarakan pun sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut dapat dilihat pada pergelaran O2SN tahun 2019 lalu yang mana atlet Kota Langsa menyabet gelar juara umum. Namun semua potensi tersebut tidak di fasilitasi dengan sebuah wadah atau tempat yang dapat menampung kegiatan di bidang olahraga. Hal tersebut yang menjadikan isu perancangan dari gedung olahraga tipe B di Kota Langsa. Pada perancangan gedung olahraga tipe B di Kota Langsa ini akan mengunakan konsep Iconic Building dengan pendekatan arsitektur metafora. Bentuk metafora yang diambil yaitu dari bentuk burung elang. Burung elang merupakan salah satu hewan ikonik yang menjadi simbol dan memiliki sejarah dalam penamaan Kota Langsa ini. Bangunan gedung olahraga tipe B ini dirancang dengan tujuan agar semua fasilitas yang dibutuhkan Kota Langsa dalam bidang olahraga dapat terwadahi dan dapat menjadi suatu venue pada saat ada event yang hendak diselenggarakan di Kota Langsa.

Kata kunci: Gedung olahraga, gedung olahraga tipe B, Arsitektur metafora, Kota Langsa, Iconic Building

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Arief Mauliddin Arief
Date Deposited: 28 Apr 2023 02:23
Last Modified: 28 Apr 2023 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28461

Actions (login required)

View Item
View Item