Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.

Opa Mouli Parahna, 170204019 and Mulyadi Abdul Wahid, 2015118002 and Nurhayati, 2014058901 and Santi Bellia, - (2022) Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 3 (4). pp. 22-30. ISSN 2549-7162

[thumbnail of Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik] Text (Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik)
Phi_2022-3-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (681kB)

Abstract

Pemahaman konsep fisika peserta didik yang rendah dapat disebabkan oleh faktor eksternal yang mempengaruhi pemahaman konsep fisika peserta didik. Salah satu faktor eksternal yang dimaksud adalah kurangnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Ada berbagai macam alternatif alat peraga yang dapat mendukung proses belajar mengajar yang lebih baik. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti bertujuan mengembangkan salah satu alat peraga yaitu sistem pompa hidrolik sederhana yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis Research and Development (R&D) yang mengadopsi Model Bord and Gall yaitu terdiri dari beberapa tahapan, antara lain idefikasik potensi masalah, pengumpulan data, desain produk berupa alat peraga sistem pompa hidrolik sederhana, validasi desain, revisi desain produk, dan uji coba produk. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi alat peraga. Alat peraga diuji kelayakan oleh enam orang validator yaitu tiga ahli media dan tiga ahli materi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penilaian validasi ahli media untuk alat peraga sistem pompa hidrolik berada dalam kategori sangat layak, dimana persentase kelayakan 95% dan penilaian validasi ahli media berada dalam kategori sangat layak dimana persentase kelayakan 87,5%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Pompa Hidrolik, Validasi kelayakan Alat Peraga, Fluida Statis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurhayati Sururi
Date Deposited: 04 May 2023 03:54
Last Modified: 04 May 2023 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28508

Actions (login required)

View Item
View Item