Analisis Program Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Penyediaan Air Bersih Pada Gampong Dayah Mamplam, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar)

Annisa Rahmah, 190602128 (2023) Analisis Program Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Penyediaan Air Bersih Pada Gampong Dayah Mamplam, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Program Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam] Text (Analisis Program Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam)
Annisa Rahmah, 190602128, FEBI, ES, 081262833238.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dana desa merupakan dana yang bersumber dari APBN yang prioritas penggunaannya adalah untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pengelolaan dan dampak dari program dana desa dalam menunjang ketersediaan air bersih untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian adalah penelitian dengan metode kualitatif. Informan dalam penelitian adalah aparatur desa dan masyarakat desa Dayah Mamplam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mekanismenya program dana desa dalam menunjang ketersediaan air bersih belum berjalan dengan baik karena belum bisa memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terhadap air bersih. Sementara untuk dampak dari program dana desa sudah bisa dirasakan oleh masyarakat walaupun belum maksimal dan masih diperlukan adanya perbaikan. Sementara dalam realisasinya, program dana desa dalam menunjang ketersediaan air bersih di Gampong Dayah Mamplam belum sesuai dengan konsep maqashid syari’ah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jika ditinjau dari perspektif ekonomi islam yaitu penjagaan terhadap jiwa (hifz an-nafs), program air bersih di Gampong Dayah Mamplam masih belum optimal, dimana ketersediaan air bersih belum mampu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat desa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Annisa Rahmah Annisa
Date Deposited: 04 May 2023 02:47
Last Modified: 04 May 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28618

Actions (login required)

View Item
View Item