Fhira Harrikanti, 261222884 (2017) Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Geometri di Kelas XII MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
FHIRA HARRIKANTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
From B dan From D.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional pada materi geometri, khususnya jarak antara titik ke titik dan jarak antara titik ke garis.Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Banda Aceh tahun ajaran 2017/2018. Dengan rancangan pretes-postes group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN 2 Banda Aceh, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XII-IPA-1 dan XII-IPA-2 masing-masing sebanyak 28 orang. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu penelitian mengubah data ordinal menjasdi interval dengan menggunakan Method of Succesive Interval (MSI), setelah itu dilakukan pengujian normalitas data dan homogen variansi. (1) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung lebih dari ttabel yaitu 9,88 >1,71 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H_(0 )ditolak dan H_(1 )diterima ini berarti bahwa Model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan kemampuan koneksi matemais siswa. Adapun deskripsi peningkatan kemampuan koneski matematis siswa pada kategori baik/baik sekali pada setiap indikator yaitu 1) kemampuan koneksi antar topik matematika dari yang sebelumnya 4% meningkat menjadi 85%; 2) menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari dari yang sebelumnya 7% meningkat menjadi 67%; 3) menggunakan matematika dalam disiplin ilmu lain dari yang sebelumnya 4% meningkat menjadi 89%. (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung lebih dari ttabel yaitu 3,35>1,67 berada pada daerah penolakan H_0. Hal ini menunjukkan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dra, Hafriani, M.Pd; 2. Zikra Hayati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis, Contextual Teaching and Learning (CTL), Geometri |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fhira Harrikanti |
Date Deposited: | 13 Mar 2018 03:35 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 03:35 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2867 |