HKI. Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri dan Nilai Islami

Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) HKI. Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri dan Nilai Islami. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of HKI. Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri dan Nilai Islami] Text (HKI. Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri dan Nilai Islami)
10. HKI Amna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan peneliti yang dilakukan dalam pembelajaran mata kuliah pengetahuan lingkungan dosen belum mengintegrasikan pembelajaran inkuiri dan nilai Islami. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya agar mencapai tujuan pembelajaran diperlukan bahan ajar yang berbasis inkuiri dan nilai islami agar mahasiswa dapat meningkatkan literasi sains. Penelitian ini bertujuan (1) mendesain modul pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri dan nilai Islami dan (2) menilai kelayakan modul pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri dan nilai Islami menurut penilaian para ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang mana pada penelitian ini tidak menggunakan langkah implementasi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dari ahli media 2 orang, ahli materi sains 3 orang dan ahli materi Alquran dan tafsir 2 orang dengan empat kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain pengembangan modul berbasis inkuiri dan nilai Islami terdiri dari tiga langkah yaitu analisis kebutuhan, desain produk, dan pengembangan produk., (2) kelayakan modul pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri dan nilai islami yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak (79%), ahli substansi materi sains juga berada pada kategori layak (80%) dan substansi ahli materi Alquran dan tafsir berada pada kategori layak (74%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri dan nilai islami dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 05 May 2023 07:37
Last Modified: 05 May 2023 07:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28690

Actions (login required)

View Item
View Item