Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada Siswa MTs

T. Haris Multazam, 261324648 (2018) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Komunikasi Matematis)
Skripsi FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form D dan Form B.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis sangat perlu untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika, hal ini karena melalui komunikasi matematis, siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematikanya secara tulisan dan mengkomunikasikan pemahamannya kepada orang lain. Kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), merupakan suatu metode yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, (2) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan dengan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest equivalent-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling acak sederhana. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-8 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil penelitian diperoleh (1) t_hitung=10,6 dan t_((tabel))=1,70, maka t_hitung> t_(tabel ), berarti bahwa metode pembelajaran TAPPS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. (2) berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh thitung = 5,07 dan t(tabel) = 1,67, maka thitung > t(tabel), dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan metode TAPPS lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: T. Haris Multazam
Date Deposited: 13 Mar 2018 07:53
Last Modified: 13 Mar 2018 07:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item
TOP