Implementasi Kebijakan Pembebasan Lahan Dalam Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh – Sigli

Hamsariadi, 160802089 (2023) Implementasi Kebijakan Pembebasan Lahan Dalam Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh – Sigli. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Kebijakan Pembebasan Lahan Dalam Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh – Sigli] Text (Implementasi Kebijakan Pembebasan Lahan Dalam Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh – Sigli)
HAMSARIADI BARU.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur mempunyai peranan yang sangat mendasar dalam pemenuhan hak dasar masyarakat serta memberikan pengaruh pada peningkatan akses terhadap sumberdaya sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi.Salah satu infrastruktur yang penting untuk membantu masyarakat adalah pembangunan jalan tol. Berdasarkan observasi peneliti terdapat permasalahan pembebasan lahan dan ketimpangan dalam pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli tepatnya di Kecamatan Padang Tiji, dimana masih banyak lahan masyarakat yang terkena pembebasan lahan yang belum dibayar susai dengan harga yang telah ditetapkan, sehingga masyarakat mengalami kerugian dan dalam proses pembayarannyan tidak bersifat adil dan layak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pembebasan lahan dalam pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli serta apa saja hambatandalam pelaksanaan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selanjutnya untuk mendapatkan hasil hasil penelitian penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai indikator yang menjadi landasan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian segala tahapan dalam implementasi kebijakan pengadaan tanah yang meliputi sosialisasi, pengukuran ricikan, inventarisasi bangunan dan tanaman, pengumuman hasil ukur, musyawarah harga, pembayaran ganti rugi, pelepasan hak dan sertifikasi telah sesuai dengan prosedur/tahapan yang ada.Terdapat hambatan dalam pelaksanaan pembebasan lahan dalam pembangunan tol Sigli-Banda Aceh yaitu adanya perbedaan pendapat tentang besarnya nilai ganti rugi sehingga sulit mencapai mufakat serta data/ dokumen kepemilikan tanah yang tidak lengkap. Adapun kesimpulan dari penelitian ini ialah Pemerintah dalam hal pengimplementasian kebijakan pengadaan tanah mengikuti aturan-aturan yang berlaku, pemerintah Kabupaten/Kota dan provinsi bersinergi dalam hal pengadaan tanah yang diperlukan. Adapaun tahapan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, implementasi dan dana. Terdapat beberapa hambatan-hambatan dalam tahapan pelaksanaan pengadaan tanah dalam pembangunan tol Banda Aceh - Sigli yaitu terkait dengan sosialisai, implementasi, inteventarisasi, dan musyawarah/gantirugi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Hamsariadi Hamsariadi
Date Deposited: 10 May 2023 02:13
Last Modified: 10 May 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28750

Actions (login required)

View Item
View Item