Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa terhadap Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas X MAN 3 Rukoh Banda Aceh

Muhibun Sabri, 261222935 (2017) Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa terhadap Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas X MAN 3 Rukoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Pemahaman Matematis]
Preview
Text (Membahas Pemahaman Matematis)
skripsi full text.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan D.pdf]
Preview
Text
Form B dan D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam memahami dan menyerapkan pelajaran masih kurang, karena siswa biasanya hanya menghafal rumus dan hanya mengikuti langkah-langkah yang diajarin oleh guru tanpa memahami cara dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematis. Pemahaman merupakan terjemahan dari istilah understanding yang diartikan sebagai penyerapan arti suatu materi yang dipelajari. Hal ini juga dapat dilihat pada hasil tes PISA (Program for International Student Assessment) tahun 2015, bahwa kemampuan matematika siswa indonesia berada pada tingkat yang rendah bahkan 42.3% siswa belum mencapai level 1 dari 6 level kecakapan untuk bidang matematika dan sains serta membuat negara indonesia berada pada posisi 69 dari 76 negara peserta, pada tahun yang sama TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) dan PIRLS (progress in international reading literacy) International Study Center melaporkan Indonesia berada pada posisi 36 dari 49 negara juga melaporkan bahwa siswa indonesia yang mengikuti olimpiade matematika di Boston. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berdasarkan kemampuan matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini 6 orang siswa dan siswi kelas X yang mempunyai kemampuan matematika yang berbeda-beda, yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 orang berkemampuan sedang, 2 orang berkemampuan rendah yang diambil di sekolah MAN 3 Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecenderungan Kemampuan pemahaman matematis menurut kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang sistem persamaan linear dua variabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Siswa yang mempunyai kemampuan yang tinggi terhadap kemampuan pemahaman matematis sudah mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan benar, meskipun masih ada yang belum bisa. (2) Siswa yang mempunyai kemampuan yang sedang terhadap kemampuan pemahaman matematis sudah mampu membuat pemisalan, membuat apa yang diketahui dan yang ditanya, belum mampu menjalankan atau mengoperasikan permasalahan soal cerita serta mampu membuat kesimpulan. (3) Siswa yang mempunyai kemampuan yang rendah terhadap kemampuan pemahaman matematis sudah mampu membuat pemisalan, namun belum membuat apa yang diketahui dan yang ditanya, menjalankan atau mengoperasikan permasalahan soal cerita serta membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Zainal Abidin, M. Pd 2. Budi Azhari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Pemahaman Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhibun Sabri
Date Deposited: 13 Mar 2018 05:06
Last Modified: 13 Mar 2018 05:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item
View Item