Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar

Dedi Agus Maulijar, 261222847 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar)
Form B dan Form D.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview

Abstract

Pemahaman matematika sangat penting karena berkaitan juga dengan kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, sebagian besar siswa menganggap bahwa pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit dan kurang bermanfaat. Hal ini berakibat kurangnya keinginan siswa untuk belajar matematika, yang menyebabkan rendahnya capaian siswa terhadap tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar matematika tidak hanya disebabkan oleh kesulitan belajar yang dialami siswa tetapi juga disebabkan oleh penggunaan strategi belajar yang kurang tepat. Pembelajaran yang dilakukan di kelas masih terpusat pada guru, sedangkan siswa hanya mendengarkan tanpa ikut terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar matematika siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester 1 SMAN 1 Indrapuri tahun pelajaran 2016/2017, dan sampel diambil secara random yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa, sedangkan pengolahan data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan lingkaran yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3,54 > 1,70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. M. Yacoeb, M. Pd 2. Dr. Cut Morina Zubainur, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Agus Maulijar
Date Deposited: 13 Mar 2018 05:09
Last Modified: 13 Mar 2018 05:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item
View Item