Perancangan Pusat Seni dan Budaya Aceh di Banda Aceh

Putri Raihan, 170701102 (2022) Perancangan Pusat Seni dan Budaya Aceh di Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Pusat Seni dan Budaya Aceh di Banda Aceh] Text (Perancangan Pusat Seni dan Budaya Aceh di Banda Aceh)
Putri Raihan, 170701102, FST, ARS, 085358671524.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Aceh adalah salah satu kelompok etnis di Nusantara yang masih menjunjung tinggi adat istiadat. Aceh sangat terkenal dengan budaya, bahasa, makanan khas, rumah adat, serta segala macam bentuk keseniannya yang sejalan dengan nilai-nilai agama islam. Hal tersebut yang menjadikan seni budaya Aceh berbeda dengan daerah lainnya sehingga dapat menjadi potensi untuk menambah daya tarik wsatawan untuk berkunjung. Seni dan budaya Aceh tersebut perlu diperkenalkan kepada generasi penerus, mengedukasi kepada masyarakat serta perlu dipromosikan agar dapat terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian perlu adanya sebuah wadah untuk memfasilitasinya yaitu dengan adanya perancangan Pusat Seni dan Budaya Aceh.
Pada perancangan Pusat Seni dan Budaya Aceh menggunakan pendekatan arsitektur Neo-Vernakular yang dapat mendekatkan masyarakat terhadap kebudayaan yang ada di Aceh. Konsep dasar pada perancangan Pusat Seni dan Budaya Aceh menggunakan pendekatan dari nilai-nilai yang terdapat pada seni dan kebudayaan Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Putri Raihan Putri
Date Deposited: 16 May 2023 03:14
Last Modified: 16 May 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28986

Actions (login required)

View Item
View Item